Sabtu, 29 Juli 2017

Trik Bikin Sendiri Damper per keong mobil

Triks Bikin Sendiri Damper per keong mobil


mbah subowo bin sukaris

Damper per peredam-kejut (shock absorber) adalah pengeras per keong sekaligus menjaga kelembutan per keong asli. Kalau per keong diganti baru pasang jenis keras memang mampu menjaga GC (ground clearance) tetap tinggi. Dengan cara tambahan pasang damper maka per keong lembut tetap lembut dan GC naik sesuai jumlah damper yang dipasang.
      Kami buat damper itu karena suspensi belakang sedan terlalu lembut "mentul-mentul" apalagi jika beban lumayan banyak. Bisa dipastikan sering mengalami "gasruk" pada jalan bergelombang, maupun tanggul-tanggul besar. Memang ada pemecahan lain dengan mengganti per keong yang lebih keras dan panjang ditambah lagi shock yang sesuai panjangnya. Hasilnya seperti kita lihat di jalan-jalan, sedan-sedan yang tinggi GC nya. Damper yang ditambahkan pada per keong dimaksudkan mempertahankan suspensi sebagaimana adanya tanpa penggantian apapun, dengan satu tujuan mencegah per keong terlalu panjang jarak ayunannya. Coba saja tekan bagasi belakang sedan-sedan yang tinggi GC-nya itu ayunannya sangat keras sekali seperti per batangan. Dan terjadi perubahan pada titik pusat beban sentral pada kendaraan demikian.
    Suspensi yang cenderung keras memang berguna di jalanan yang "rusak" sebaliknya suspensi lembut di jalanan "rusak" akan kalang-kabut. Dan suspensi yang lembut di jalan bebas hambatan tentu paling nyaman dibanding suspensi yang terlalu keras. Mungkin suspensi cerdas seperti pada mobil mewah adalah solusinya.
     Pabrikan "aftermarket" sudah membuat damper dengan karakter masing-masing yang tersedia di pasaran, memang lumayan harganya tiga ratusan ribu hingga lebih dari setengah juta per satu set masing-masing satu untuk kiri dan kanan.
      Damper sederhana bisa kita buat sendiri, bengkel pun mungkin belum ada yang membikin damper demikian sebagai gambar berikut (lain kali disisipkan foto). Modal yang dibutuhkan adalah ban dalam mobil bekas yang berkwalitas baik.
     Caranya buat dulu tali ban karet dengan cara gunting ban dalam selebar jari kelingking atau 2 cm sepanjang lingkaran ban dalam mobil. Lilitkan tali ban tersebut pada bagian ulir per keong kira-kira selebar panjang jempol tangan orang dewasa. Tiap ulir per keong mendapat satu atau dua lilitan kiri kanan (satu tali sepanjang ukuran ban dalam mobil). Demikian seterusnya hingga tingkat-tingkat ulir per keong mendapatkan bagian masing-masing. Teknik melilitnya bisa dengan mengikatnya maupun menjepit lilitannya. Kami telah mengujinya sejauh seribu kilometer dan tidak terjadi kerusakan apapun pada lilitan yang baik. Selamat mencoba.

    Damper per keong buatan pabrikan maupun bikinan sendiri tidak berguna jika dipasang pada per keras.

     Sekian untuk sekali ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...