Kamis, 10 Agustus 2017

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik

mbah subowo bin sukaris

Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.
    Ban mobil terdiri macam-macam merek, ukuran, harga, dan jenisnya.
    Di sini hanya dibatasi mengenai kembangan ban yang tidak benar arah (rotation).
    Ada jenis ban bebas putarannya, ban begini ada yang halus dan kasar. Untuk yang kembangan kasar dan bisa ke segala arah perlu diperhatikan bagian sisi mana yang mengarah mundur (garis motif miring ke belakang).
     Pada jenis ban yang jelas menunjukkan arah rotasinya memang tidak ada persoalan. Dan juga jenis ban bermotif halus (sedikit garis kembangan) yang juga "bebas rotasi ke mana saja", tidak ada masalah berisik. Paling penting rajin rotasi ban saja.
    Langkah awal ialah meneliti keempat ban mobil bagian mana masing-masing ban yang mengalami aus (termakan) paling banyak.
    Jika bagian dalam sisi yang termakan banyak (aus), maka perhatikan jenis kembangan ban apa benar condong ke depan atau sebaliknya? (Khusus ban bebas rotasi yang kasar kembangannya). Jika itu menjadi sumber berisik, mudah saja mengatasinya. Copotlah ban dan minta tukang ban untuk membalik posisi ban. Tarif 10k (reboi).
    Salah satu ban yang paling kerja keras untuk mesin roda depan adalah sebelah kanan (posisi gear box tranmisi). Demikian pula untuk penggerak roda belakang sebelah kanan (bisa dites agak berat diputar).
    Untuk mendeteksi ban berisik memang gampang susah, terkadang muncul suara ban berisik pada kecepatan 70 mph (match per hour).
    Ban yang terlalu keras dan salah arah kembangan memang bisa menimbulkan suara "mengerikan".
     Rajin-rajinlah periksa sisi ban sebelah dalam yang tak tampak langsung.
      Sekian untuk sekali ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...