Sabtu, 29 Juli 2017

Tips solusi Civic Ferio limited mode RPM 3500

Tips solusi Civic Ferio limited mode RPM 3500

mbah subowo bin sukaris

Pengalaman berikut ini sebenarnya sukar didetek bagi mereka yang tak suka 'mbejek' gas lebih dari 3500 RPM.
     Jika merasa penasaran ingin tahu yang satu ini pada kendaraan masing-masing, lakukan tes mudah saja pada posisi netral tekan pedal gas hingga rpm 3500 atau berdasarkan perkiraan (tidak ada Tachometer). Jika batuk dan tidak mau naik lagi artinya ECU (komputer) mobil terprogram pada posisi mode (terbatas) limited (terbatas) tujuannya agar mesin tidak tambah rusak. Dengan mode limited sebenarnya terjadi pencegahan mesin Ferio yang bertipe D16Y7 mengaktifkan sistem VTEC-E nya alias VTEC-E yang biasanya berjalan pada sekitar 3500 RPM kini tidak bekerja. Sebagai hipotesa awam, persoalannya terletak pada tekanan oli yang kurang beres akibat kekurangan yang disebabkan kebocoran. 
    Kebetulan pada kali ini terjadi bocor pada selenoid VTEC yang menggerakkan sensor menuju ECU. Kebocoran disebabkan packing selenoid VTEC yang tua minta diganti baru. Penulis ambil jalan pintas dengan packing karton biasa yang dibuat sendiri dengan gambar cetakan copotan selenoid VTEC ybs.
    Posisi selenoid yang dimaksudkan di atas pada Ferio berada di sebelah belakang distributor, terdapat tiga baut ukuran 10 untuk melepasnya, dan seutas kabel. Lepaskan selenoid tersebut dan buatlah packing karton yang sesuai. Kemudian pasang kembali dengan kencang, tak perlu lem atau silikon, langsung saja pasang dengan menempelnya saja bersama ketiga baut agar posisi benar-benar pas, dan tidak melenceng. Setelah semua terpasang dan jreeng.... gas digeber melewati 3500 RPM tanpa halangan lagi, baik di jalanan maupun stasioner.
      Pengalaman tersebut penulis dapat dari sistem pendingin oli sepeda motor lawas yang rata permukaannya dan persis bentuk fungsinya menyalurkan oli untuk didinginkan antara lain terdapat lubang oli beberapa buah, sementara sekat keduanya hanya mengandalkan o ring yang sudah tua dan kadang sulit ditemukan di pasar (karena malas mencarinya dari toko parts satu ke toko lainny). Tekanan oli yang tinggi bisa diredam setelah dipasang packing karton yang permukaannya lebih lebar dan memiliki tahanan yang besar.
     Sekian untuk Sekali ini.

1 komentar:

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...