Rabu, 09 Agustus 2017

Trik atasi oli power steering hidrolis bocor

Trik atasi oli power steering hidrolis bocor

mbah subowo bin sukaris


Selang aliran oli bertekanan dari sistem power steering hidrolik rawan rembes seiring waktu biasanya sekitar satu windu. Klem selang model kawat dobel biasanya dikencangkan dengan mur-baut sudah diputar maksimal dan tetap rembes oli yang membasahi macam-macam karet kaki mobil. Akibatnya sifat karet tidak kesat tapi berubah licin. Karet pada kaki mobil tidak akrab dengan oli, seharusnya kering agar maksimal fungsinya memegang komponen bagian bawah sebuah kendaraan. Selanjutnya kaki mobil yang basah oleh rembesan oli power steering jadi berbunyi ramai karena oblak, karet tidak kesat dan erat mencengkeram batang besi dalam berbagai bentuk.

       Cara mengatasinya gampang, ganti selang baru caranya iris dengan 'kater' pada ujung selang dan setelah robek selang gampang dilepas. Jika hanya melepas klem saja, tetap sulit melepas selang yang sudah mengeras itu. Ada juga cara lain yakni memindahkan klem lebih ke dalam. Posisi klem digeser dengan tang atau alat congkel lain. Memang agak susah menggeser klem, sampai kita perlu juga mencopot total mur-baut klem agar bisa 'dipengkang' lagi.
       Jika sukses merakit semuanya seperti semula dengan posisi klem bergeser satu lubang, hasilnya walau selang tua tapi tidak rembes lagi. Kebocoran selang power steering pada sekitaran klem dalam jangka panjang akan membasahi semua di bagian alirannya dan juga bagian lebih rendah. Jika sudah sembuh selanjutnya tinggal 'ngolong' untuk memberikan deterjen ke semua bagian yang terlanjur basah kuyup oli.
       Sekian untuk sekali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...