Sabtu, 09 April 2016

Tips memperbaiki lampu redup sepeda motor dan mobil

Tips memperbaiki lampu redup sepeda motor dan mobil

mbah subowo bin sukaris

Salah satu penyebab bohlam sepeda motor bermesin empat langkah/tak putus melulu ialah kerusakan pada kiproks. Jika kiproks rusak maka fungsinya yang mengubah arus listrik AC menjadi DC 12 volt hasilnya tidak lagi menurunkan tegangan tinggi sehingga bohlam selalu putus tidak kuat menanggung beban voltase tinggi.
      Pada sepeda motor tua bermesin dua tak keluaran tujuh dan delapan puluhan tanpa menggunakan kiproks pun tidak mengalami masalah ini, walau demikian desain aslinya menggunakan accu kecil yang berfungsi untuk lampu utama agar lebih terang. Gulungan spull sistem DC yang kompak dan kecil saja total jumlah lilitan kabelnya, sehingga tidak menghasilkan arus listrik berlebihan. Begitupun untuk menyuplai sistem pengapian pada motor lama bermesin "dua tak" mengambil suplai listrik langsung dari spull tanpa menggunakan aki maupun kiproks.
      Jika sistem kelistrikan sepeda motor tidak ada gangguan, maka biasanya yang sering mengalami kerusakan adalah fitting lampu utama sepeda motor. Fitting lampu yang sudah hangus dan terbakar sebaiknya diganti baru. Dan bisa juga diakali dengan menambah solderan timah pada titik dudukan bohlam. Bohlam biasa sendiri yang kadang sudah aus bagian titik timahnya bisa diganti baru atau diakali dengan menambah ketebalan timahnya dengan alat solder. Beda dengan bohlam halogen pada lampu mobil, yang menggunakan fitting lampu sistem tancap, pada sepeda motor umumnya masih menggunakan sistem fitting pegas/per agar lampu duduk dengan pas pada fittingnya.
      Untuk memperbaiki kwalitas lampu utama mobil yang redup, jika pada fitting sudah ada tanda angus terbakar, sebaiknya diganti baru fittingnya saja. Fitting lampu besar mobil bisa dibeli di toko accesories seharga lima ribu rupiah saja untuk jenis H4.
      Sekadar informasi untuk anda lampu utama mobil yang keluaran di bawah 2000 menggunakan kaca mika polos sedangkan reflektor polos, akan tetapi bohlam dipasangi semacam tudung saji agar tidak menyilaukan pengendara lain. Pada mobil sekarang lampu utama yang masih menggunakan bohlam halogen, reflektornya bermotif dan kaca mikanya polos. Tudung saji yang menutupi bohlam halogen sudah dihilangkan.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...