Selasa, 12 April 2016

Tips hilangkan embun pada headlamp (lampu utama) mobil

Tips hilangkan embun pada headlamp (lampu utama) mobil

mbah subowo bin sukaris

Lampu utama mobil yang berembun kacanya tiap kali sesudah menerjang hujan atau selesai dicuci biasanya disebabkan masuknya air ke dalam ruangan reflektor lampu. Jika kaca lampu mobil sudah terlanjur berembun, tidak ada cara menghilangkannya selain menunggu beberapa waktu sampai embun itu hilang dengan sendirinya. Untuk selanjutnya yang bisa dilakukan ialah pencegahan agar embun itu tidak muncul kembali.
      Umumnya sehabis kehujanan maka air yang sedikit tergenang di bagian atas lampu bisa menyusup melalui seal perekat antara kaca mika dan body lampu utama. Seal asli yang sudah bocor biasanya disebabkan termakan usia.
      Untuk mengatasi kaca lampu berembun itu cukup diberi solatip beberapa lapisan untuk menutup seluruh bagian atas pada sambungan antara kaca dan body lampunya. Cara lainnya yang lebih rapi ialah memberikan lapisan baru bagian sambungan itu dengan silikon cair yang banyak dijual dalam tube seharga sepuluh ribu rupiah. Silikon dalam tube yang biasa digunakan untuk lapisan anti-bocor misalnya antara selang radiator dan pipa logam tempat sambungan; antara packing tutup silinder head dengan penutupnya, dlsb.
      Sekalian sambil menunggu sealant kering sekira beberapa jam ke depan, ada baiknya menyempatkan diri untuk mengamati kondisi bohlam (halogen) yang terpasang, apakah telah hangus kehitaman? walau masih menyala akan tetapi intensitas cahayanya sudah agak redup, maka sebaiknya bohlam itu diganti baru saja agar maksimal intensitasnya. Bohlam yang terlalu tua walau masih menyala biasanya hanya separoh kemampuannya memancarkan sinar yang cenderung agak kekuningan, dibanding sinar bohlam baru yang lebih putih. Dan juga biasanya bohlam halogen yang sudah tua terkadang mati dan hidup sendiri walau saklar lampu posisi on terus-menerus. Di samping bohlam yang tua itu rewel kadang fitting lampunya sudah agak kendor, dan untuk melakukan penggantian tidak terlalu memakan biaya. Caranya memang dengan membuat sambungan baru dengan memutus kabel fitting lama. Dengan bohlam baru dan fitting baru tentu lampu akan menyala terus sepenjang perjalanan dibandingkan kondisi sebelumnya, bahkan untuk perjalanan panjang di malam hari memang memerlukan penerangan yang konstan dan mantab. Maka perjalanan malam hari akan terasa lebih aman dan nyaman untuk menghindari lobang-lobang di tengah jalan yang kondisinya rusak.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...