Rabu, 23 Maret 2016

Cara menambal patrian/las retak radiator tembaga

Cara menambal patrian/las retak radiator tembaga

mbah subowo bin sukaris

Bagian atas radiator dekat tutup dan selang masuk air panas dari mesin merupakan yang terpanas serta bertekanan tinggi. Bagian atas ini terutama pada radiator tembaga sering bermasalah pada sambungan bekas solderan yakni terjadinya retakan timah solderan yang mengakibatkan rembesan alias radiator bocor. Biasanya terjadi setelah beberapa bulan dipatri dan dikorok oleh tukang radiator. Retakan timah yang menyambung bagian atas dan kisi-kisi yakni bagian tubuh radiator ini sukar sekali ditambal, dengan lem araldite, dextone, lem gasket silikon tidak mempan, retakan timah yang sangat kecil dan memanjang di bagian bawah permukaan memang sulit dibendung. Apalagi logam timah dan tembaga bisa memuai jika temperatur tinggi, maka jika temperatur tunggi dan logam itu saling merapatkan satu sama lain terkadang kebocoran/rembesan itu hilang dengan sendirinya. Akan tetapi pada saat temperatur sudah dingin kebocoran itu kembali muncul. Oleh kerena itu untuk mendeteksi sumber kebocoran sebaiknya sewaktu mesin mobil baru dinyalakan beberapa menit, dan beberapa menit sesudah mesin dimatikan. Pada suhu tinggi mungkin saja retakan timah dan tembaga itu menyatu dan mampetlah kebocoran, mungkin juga uap air yang panas itu tidak kasat mata lagi, karena kecilnya kebocoran yang terjadi. Oleh sebab itu jangan abaikan tetesan cairan yang kadang muncul dan kadang hilang di daerah sekitar tutup maupun selang atas itu bisa jadi kasusnya sama dengan yang penulis alami sebagaimana diterangkan di atas. Kebocoran sebesar jarum itu memang tidak membahayakan diperjalanan, akan tetapi yang terjadi permukaan reservoir biasanya turun satu hingga tiga centimeter tatkala menempuh jarak perjalanan sejauh dua ratus kilometer.
      Penyebab retaknya timah solderan di sekitar daerah selang atas itu wajar saja terjadi mengingat gempuran suhu tinggi terus berlangsung selama perjalanan. Penambalan dengan lem dextone/araldite maupun berbagai jenis lem silicon, malah tidak menyembuhkan bagian yang retak halus itu, mengingat logam timah maupun tembaga bahan radiator itu memuai dan menyusut, apalagi retakan berada di bawah permukaan timah. Mungkin untuk bocoran di tempat lain yang suhunya tidak ekstrim misalnya bagian bawah radiator bisa saja cukup ditambal dengan lem besi maupun lem silikon.
      Jika terlanjur menambal bocoran dengan lem besi, dan ingin membersihkan lem yang sangat keras itu, bisa dilakukan dengan mencongkel secara hati-hati agar tidak melubangi body radiator. Lem besi memang keras akan tetapi tidak terlalu melekat ke tubuh radiator. 
    Tidak ada cara mujarab dan manjur jika solderan timah retak selain membawa radiator bermasalah itu agar ditangani oleh profesional, mengingat peralatan mereka yang lengkap. 
     Biaya penambalan di tukang radiator dengan kondisi bocor sepanjang lima belas centimeter itu kurang lebih sepertiga dari tarif service korok radiator. Proses penambalan ulang radiator itu hanya memakan waktu kurang dari setengah jam.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...