Rabu, 17 Februari 2016

Tips mengatasi rembesan oli dari O-ring Delco

Tips mengatasi rembesan oli dari O-ring Delco

mbah subowo bin sukaris


Delco atau distributor pengapian merupakan satu unit bagian mesin kendaraan roda empat yang sering digeser-geser untuk tune mesin. Delco/distributor bisa untuk memajukan atau mundurkan titik pengapian.  Jika diputar ke kanan berarti titik pengapian diperlambat sebelum TMA, dan sebaliknya ke kiri berguna untuk memperlambat titik pengapian yakni sesudah TMA (titik mati atas). Jika terdapat tetesan/rembesan oli yang terdapat di bagian bawah delco ada dua kemungkinan, pertama dari O-ring (terbuat dari plastik/karet) delco dan kedua bersumber dari oli seal yang berada di dalam delco/distributor pengapian itu sendiri. Pada mobil modern isi delco sudah kompak yakni: koil, cdi, rotor, dan stator. Signal sekaligus penggerak putaran delco/distributor pengapian ada dua macam yakni berbentuk palang dan roga gigi.
      Penulis yang mengalami mesin mobil bagian sekitar delco agak rembes oli. dan telah membuka O-ring delco dan menyimpulkan O-ring yang terpasang itu terlalu tipis/kurus. Langkah berikutnya membawa contoh karet berbentuk O itu dan membeli di toko onderdil mobil, yang satu menawarkan O-ring kurus seperti contoh yang dibawa (penulis tidak jadi membeli, percuma saja akan bocor lagi), dan pada toko lainnya yang penulis kunjungi menawarkan O-ring agak gemuk, seharga 5 ribu.
    O-ring gemuk itu yang penulis cari-cari (jika terlalu gemuk akan sulit memasangnya), bahkan penulis membeli ukuran diameter yang sama seperti contoh dan membeli ukuran diameter di bawahnya buat jaga-jaga. Dua-duanya agak tebal dibandingkan aslinya yang terpasang di civic 2000 itu. Secara kasat mata O-ring kurus hampir tidak ada �galengan� pada moncong delco yang menancap ke blok mesin. Sedangkan O-ring yang agak tebal itu lumayan ada tonjolan/galengan sekira sepersekian milimeter. Penulis yakin dengan O-ring baru agak tebal itu oli dari ruang mesin tidak akan rembes keluar lagi dan membasahi salah satu pipa karet berisi air pendingin. Benar, sewaktu memasukkan kembali delco yang sudah dipasangi O-ring baru ke sarangnya yang berbentuk palang itu memang terasa agak seret, penulis melumasi dengan oli agar mudah masuk. Diagnosa sementara pada civic 2000 yang sedang penulis �oprek� O-ringnya terlalu tipis alias kurang gemuk, sehingga mudah diputar-putar delconya (setelah dicopot tiga baut) terasa enteng sekali. Bagaimana tidak rembes menerima oli bertekanan dari ruang mesin?
     Hasilnya setelah mesin dihidupkan beberapa hari, untuk sementara memang tidak ada lagi tetesan oli yang membasahi selang karet yang berada persis di bawah delconya. Selang air yang berukuran medium itu sekian lama ditetesi oli panas menjadi empuk, dibandingkan selang lainnya dipencet masih terasa keras.
      Kebocoran atau rembesan oli sekitar delco yang sembuh ternyata masih ada lagi yakni berasal dari packing tutup silinder head. Baut-baut yang berjumlah lima buah itu sudah penulis ganti dengan baut tancap, sebelumnya dengan baut aslinya ada dua yang sudah dol. Rencana penulis jika tak ada lagi rembesan dari packing cover dan sudah sembuh maka baut model tancap/tanam itu agar lebih aman/tidak mudah patah akan penulis ganti dengan yang lebih bermutu tinggi, biasanya berwarna kehitaman. Mengapa pabrikan tidak menggunakan baut tancap/tanam saja jika cover tutup silinder head itu sering dibuka, entah untuk menyetel klep, mengganti timing belt atau lainnya. Alasan yang masuk akal baut tancap itu memang terlalu panjang kurang lebih sekitar 5 cm. Pada mesin civic generasi berikutnya bagian cover silinder head memang menggunakan baut tanam, pendek saja ukurannya.


*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...