Minggu, 28 Februari 2016

Cara mengganti kanvas rem cakram mobil

Cara mengganti kanvas rem cakram mobil

mbah subowo bin sukaris

Ada perbedaan mekanisme piston rem cakram antara bagian depan dan belakang pada sebuah kendaraan roda empat. Rem depan lebih sederhana cara mendorong piston agar masuk ke dalam agar bisa dipasangi kanvas baru, yakni cuma dengan alat klem penekan piston. Sedangkan rem belakang piston harus diputar ke kanan atau kekiri agar piston terdorong masuk ke dalam.
     Mengganti kanvas rem cakram baru yang lebih tebal lapisan kanvasnya dibandingkan kanvas lama yang sudah termakan aus oleh gesekan dengan piring cakram baja, tentu akan mentok jika dipasang begitu saja pada posisi piston dengan kanvas lama. Maka diperlukan langkah mendorong piston sebelum bisa dipasangi dengan kanvas baru.
     Piston rem yang tidak bermasalah alias masih bekerja dengan baik memang mudah didorong atau diputar agar masuk ke dalam silinder. Akan tetapi terkadang terjadi piston macet, tidak bergerak maju atau mundur. Hal itu terjadi karena posisi piston tatkala sistem hidrolis bekerja posisinya miring atau terganjal kotoran. Kondisi seperti ini tentu harus diservice total oleh mekanik bengkel langganan.
     Untuk mengganti kanvas dalam kondisi normal sebenarnya tidak sulit, asal memiliki perlengkapan alat yang baik untuk itu.
     Harga kanvas orisinil biasanya dua kali lipat dari kanvas nomor dua, sepasang kanvas untuk satu roda yang tidak orisinil/nomor dua kurang lebih 200 ribu.
     Bedanya kanvas ori dan tidak ori terdapat pelat tipis baja yang berfungsi sebagai peredam, bisa juga disiasati dengan pelat yang lama.
     Pada cakram roda belakang lebih rumit konstruksinya mengingat terdapat dua fungsi sekaligus rem tangan dan rem kaki.
     Langkah pertama membuka ban, mengendorkan sedikit baut roda, mendongkrak ban secukupnya dan melepaskan beberapa baut dan rodanya.
     Pada kaliper rem cakram belakang untuk mencopot kanvas lama dengan melepas dua baut dan juga melepaskan kabel rem tangan. Untuk roda depan cukup satu baut kaliper dibuka, baut yang satu lagi berfungsi sebagai engsel tatkala kaliper dibuka ke atas.
     Setelah selesai proses bongkar dan kanvas dapat dilepas, lakukan langkah mendorong piston kaliper rem agar masuk ke dalam lagi.
     Penekan sederhana untuk bagian depan sedangkan alat kunci pembuka mur bintang untuk memutar piston rem belakang, agar terdorong masuk. Biasanya diputar ke kanan agar masuk, atau putar ke kiri agar maju keluar pistonnya.
     Setelah piston berhasil didorong masuk maka kita dapat mudah memasang kanvas baru dan merakit kembali kaliper yang tadi dibongkar. Jangan lupa memberi grease/gemuk di beberapa baut kaliper agar kaliper dapat main/bergerak tatkala terjadi pengereman.
     Dan setelah roda terpasang maka selesailah proses penggantian kanvas rem kendaraan empat kita.
     Catatan: permukaan minyak rem pada tabung reservoir akan bergerak naik tatkala piston kaliper rem didorong masuk.
     Membongkar/mengganti kanvas rem tidak akan membuat masuk angin pada sistem hidrolis, sehingga penggantian kanvas dapat dilakukan sendirian saja.




*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...