Minggu, 20 Juni 2010

Facebook yang aman bagi anak-anak

Facebook yang aman 
bagi anak-anak

Eva  Noviantika

Dewasa ini pergaulan remaja Indonesia semakin luas. Dengan semakin majunya teknologi pada zaman modern, pergaulan anak-anak ataupun remaja sekarang semakin maju. Dengan munculnya situs-situs jejaring social FACEBOOK, membuat anak-anak semakin mudah mencari teman. Disaat facebook menjadi trendsetter anak-anak disa kecanduan.
    Kecendrungan untuk terisolasi dengan lingkungan karena hanya bersosialisasi dengan teman di dunia maya. Dan kecanduan ini pun bisa menyebabkan nilai pelajaran menurun karena waktu belajar di pakai untuk Online Facebook. Untuk itu maka peran orang tua sangat di butuhkan dalam hal ini.
    Orang tua sebaiknya sering melakukan pendekatan terhadap anak agar dapat mengetahui pergaulan dan kondisi emosional serta lingkungan anak. Tetapi para orang tua juga tidak perlu terlalu mencemaskan anaknya bermain situs jejaring social facebook, jika sang anak dijadikan teman dengan menjadikan anak sebagai teman facebook anda, orang tua bisa memantau komudikasi mereka dengan orang lain.
Orang tua juga dapat bekerja sama dengan orang tua lain atau guru dalam mengawasi kegiatan anak.
    Dan ini beberapa tips yang bisa orang tua terapkan kepada anaknya :
1.Luangkan waktu untuk anak saat belajar computer dan internet.
2.Berikan pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet.
3.Ingatkan anak tentang konsep orang asing.
4.Kenalkan etika bergaul dengan teman Facebook.
5.Hindarkan anak mengakses internet di kamar pribadi.
6.Kenalkan ativasi kreatif lainnya dengan internet.
7.Gunakan software filter aktivasi internet. (S/11/3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...