Kamis, 10 Agustus 2017

Tips Atasi Audio mobil berdengung (storing)

Tips atasi audio mobil berdengung

mbah subowo bin sukaris


Audio mobil yang tiba-tiba muncul dan hilang suara dengungan disebabkan macam-macam hal, mulai kabel power kendor hingga kekurangan massa (negatif accu).

     Audio mobil jadul maupun anyar yang standar (tanpa penguat suara - amplifier), menghasilkan suara kurang "banter".
     Head Unit pun standar ada dua macam, satu DIN dan dua DIN (Deutsches Institut f�r Normung). Dua DIN artinya ketebalan HU dua kali lipat.
     HU (head unit) atau "tape mobil" yang ditambahi amplifier unit menghasilkan suara audio "lebih". Akan tetapi juga rentan gangguan "storing". Dan salah satu alat untuk meredamnya diberikan hambatan atau impedansi. Alat yang tersedia di pasaran ialah "impedance Converter", bentuknya sebesar korek api. Harganya....sekitaran ratusan ribu. Terdiri dua colokan "betina" dan empat kabel mengarah Head Unit. Output dari HU masuk ke "impedance converter" dan keluar menuju power amplifier (amplifier) dan dilanjutkan menuju pengeras suara (speaker).
     Untuk amplifier empat channel dibutuhkan dua buah "saringan suara". 
     Amplifier sebesar beberapa ratus Watt membutuhkan pasokan listrik accu yang lumayan. Alternatif (dinamo ampere) pengisian (charger) accu mobil yang masih baru atau kondisi baik, tidak bikin rekor accu tatkala audio diputar sepanjang jalan. Singkatnya untuk main "audio" siapkan alternatif yang prima.
     Alternatif yang kurang sehat mudah dideteksi tatkala hujan terus menerus di malam hari. Wiper (penghapus kaca), AC (pendingin udara), headlamp (lampu besar) dan car audio system' (tape mobil) semua bareng nyala menyedot stroom accu rame-rame hasilnya suatu ketika berhenti istirahat dan mau starter mesin ... cetak-cetek tak mau hidup. Itulah tanda alternatif kurang sehat, (tentu dengan asumsi accu masih layak).
     Sekian untuk sekali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...