Jumat, 29 Juni 2012

Busi hitam dan kompresi lemah motor 4 tak

Busi hitam dan kompresi lemah akibat klep buang yang rusak




Suzuki Shogun buatan 1996 milik penulis itu mengalami klep aus pada payungnya pada 2008, notabene setelah 12 tahun. Pada 2008 itu juga penulis melakukan penggantian klep mesin dilakukan oleh bengkel kecil, dan apa yang terjadi? Pada 2012 ini atau selama empat tahun saja klep itu kemudian berubah bengkok pada batangnya. 
     Dari kerusakan yang sama selalu pada klep/katup buang mesin yang posisinya di head silinder bertugas mengatur pembuangan bahan bakar timbul pertanyaan, "Mengapa klep buang selalu menghadapi masalah pada Shogun kebo?" Mungkinkah karena struktur knalpot yang "terlalu" sempurna? Dan kotor sedikit oleh sisa pembakaran berakibat mampet? Selanjutnya bagian klep buang menjadi terlalu panas? Yang jelas dari kejadian yang penulis alami akibat yang terjadi dan menimbulkan masalah ialah klep aus atau bengkok.
      Kerusakan pertama sejak motor baru 1996 hingga 2008 itu tentunya wajar saja, yang tidak wajar ialah usia klep buang penggantian kedua cuma bertahan 4 tahun saja. Dapat diduga kwalitas klep yang dipasang oleh bengkel itu mutunya dalam kategori klas bawah yang tentu termurah harganya.
      Jika klep buang mengalami masalah yakni tidak rapat lagi menutup lubang pembuangan maka yang terjadi ialah menurunnya tekanan kompresi mesin. Kompresi mesin yang telah berkurang dan lemah itu berakibat tidak sempurnanya pembakaran. Selanjutnya yang terjadi ialah sisa pembakaran yang menumpuk pada busi menjadikannya selalu diselimuti arang hitam itu lama kelamaan bisa membikin busi mati. Dan akibar arang itu maka mesin pun sering mogok karena percikan api busi tidak sempurna. Busi pun juga perlu sering-sering minta dibersihkan.
     Kerusakan klep buang seperti ini memang tidak berakibat keluarnya asap berwarna putih dari knalpot. Jika kondisi seal klep yang menahan oli masih baik, maka tidak ada oli yang ikut masuk ke ruang bakar mesin 4 tak. Demikian pula kondisi ring seher yang masih baik atau agak lemah akan tetapi tidak ada cacad pada silinder linier, maka oli juga tidak dapat menerobos ke ruang bakar.
     Satu-satunya petunjuk atau tanda yang membuktikan kompresi lemah ialah busi yang hitam dan ada bubuk arangnya, jika digosok ke telapak tangan maka akan meninggalkan jejak berupa butiran arang yang menempel. Biasanya keadaan busi yang hitam ini disimpulkan ada settingan karburator yang tidak tepat. Penulis yang mengalami hal yang digambarkan di atas telah berusaha membuat setingan karburator menjadi maksimal pada berbagai macam komposisi. Setelan angin ditambah atau dikurang, jarum skep dinaikkan atau diturunkan, spuyer main jet, pilot jet diganti baik naik ukurannya maupun turun. 
      Apa hasilnya (perubahan berbagai settingan karburator)? Tidak pernah busi berubah selain dari tetap saja berwarna hitam, jika settingan karbu tepat hasilnya paling-paling ketebalan arang yang menumpuk pada busi agak berkurang. Dan itulah yang maksimal dapat dilakukan jika keadaan busi hitam diakibatkan oleh kompresi lemah karena klep/katup buang sudah bocor.
      Busi yang hitam karena pembakaran kurang sempurna itu membutuhkan settingan karburator yang tepat, agar Shogun kebo penulis tidak sering mogok tatkala mesin sangat panas ataupun arang pada busi sudah terlalu tebal. Pada mesin kondisi panas, bisa terjadi pembakaran liar yang tidak tergantung pada percikan busi, melainkan dipicu oleh arang yang menumpuk pada ruang bakar berubah menjadi bara merah yang mampu membakar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya pengapian mesin menjadi kacau dan mogoklah dia. Untuk menghidupkan kembali mesin itu perlu didinginkan beberapa menit, setelah itu ia dapat dinyalakan kembali. Begitulah seterusnya yang akan terjadi jika ruang bakar telah penuh dengan arang karbon sisa pembakaran yang tidak sempurna.
   Jika mesin motor 4 tak mengalami keadaan demikian maka itulah saat yang tepat untuk membawa motor ke bengkel atau bongkar sendiri (jika memiliki alat lengkap dan pengetahuan mesin), tujuannya yang terutama ialah memeriksa bagian klep buang (pada kasus Suzuki Shogun kebo).

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...