Kamis, 01 April 2010

Tips mengatasi penyakit susah tidur (insomnia)

Wisnu Wruhantoro


Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30-50% populasi mengalami insomnia. Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Di samping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.
     Gangguan tidur ini dapat mempengaruhi pekerjaan, aktivitas sosial dan status kesehatan penderitanya. Keluhan insomnia lebih sering didapat pada orang yang mudah cemas atau depresi, orang dengan sosial ekonomi yang rendah, bercerai, mereka dengan penyakit kronis, dan pada peminum alkohol berat.
     Kebanyakan orang dewasa tidur sekitar 7-8 jam dalam semalam, meskipun berbagai variasi terdapat pada orang-orang sehat dan pada berbagai usia. Pada bayi dan orang tua terdapat frekuensi tidur bangun yang lebih sering. Beberapa keadaan tertentu seperti demam tinggi, nyeri yang luar biasa, gangguan emosional, dan lain-lainnya, dapat mengganggu tidur seseorang.
     Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia.
1. Berolah-raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah-raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah-raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah-raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke toilet untuk buang air kecil.
3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol, dan rokok. Minuman ini tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur dan tidak lupa minum segelas susu hangat. (S/11/1)
Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...