Kamis, 01 April 2010

Bullying di sekitar kita

Dewi Sri Maharani
Sampai sekarang banyak orang yang salah pengertian soal bullying yang bisa disamakan dengan senioritas, sebenarnya pemikiran itu kurang benar. Bullying dapat didefinisikan sebagai tindakan penekanan terhadap seseorang, baik fisik maupun mental dan bukan menjadi bagian dari senioritas.
     Ada empat kategori dalam prilaku bullying. Pertama, kontak fisik seperti memukul, menendang, memeras, dan mengunci seseorang. Kedua, kontak verbal langsung seperti mengancam, mempermalukan, merendahkan atau mengejek. Ketiga prilaku non-verbal langsung misalnya melihat dengan sinis. Keempat prilaku non-verbal tidak langsung seperti mendiamkan seseorang atau merendahkan.
     Pada dasarnya semua manusia diciptakan sama oleh karena itulah kita harus lebih menjaga prilaku, ucapan bahkan ekspresi saat bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu, mulailah kita lebih peduli terhadap sekitar. Mungkin saja selama ini kita telah melakukan bullying terhadap orang lain, bahkan terhadap teman kita sendiri. (S/11/1)
Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...