Kamis, 24 Maret 2016

Trik mengatasi lampu utama mobil yang tidak fokus

Trik mengatasi lampu utama mobil yang tidak fokus

mbah subowo bin sukaris

Head lamp atau lampu besar mobil biasanya sorot cahayanya bisa disetel diarahkan ke atas, ke bawah dan ke kiri serta ke kanan. Pada bagian belakang lampu utama itu terdapat setelan berbentuk baut ukuran 10 sebanyak dua buah. Satu untuk setelan naik turun, dan satu lagi setelah kiri kanan. Jika sobat pada suatu kali gagal mencapai keinginan untuk mengarahkan sorot lampu seperti yang dikehendaki, mungkin cara ekstrim ini bisa membantu.
     Head lamp duduk pada chassinya dengan diikat baut-baut beberapa buah. Nah, jika penyetelan sorot lampu secara pabrikan "cara halus" gagal, maka perlu juga terpaksa dengan cara "kasar" cara "gombal" khas orang indonesia yang terlalu ahli soal "mengikat dan mengganjal" alat canggih sekalipun, dalam hal ini menyetel lampu dengan mengubah posisi lampu besar dari dudukan chassis mobil. Kalau perlu menghilangkan baut-mur yang mengganggu gerakan lampu ke arah yang diinginkan oleh sobat semua. Penulis menggunakan cara itu dan sukses untuk menyoroti kegelapan malam, padahal sebelumnya jalanan tidak kelihatan mana lubang mana trotoar, kata orang mengendarai sambil "nunak-nunuk".
     Langkah untuk menyetel lampu utama dengan cara "kasar" ialah mengendorkan semua baut pemegang rumah lampu. Setelah itu fokuskan pada arah tertuntu pada kegelapan malam, dan tandai baik-baik posisi itu. Selanjutnya kencangkan baut sesuai posisi itu, dan jika terdapat baut yang tidak mungkin dipasang pada posisi yang sudah terarah itu, maka simpan saja bautnya. Kalau perlu diganjal dengan sepotong karet sandal jepit, jadilah dia headlamp yang sorotnya memuaskan hati dan membuat perjalanan malam hari lebih nyaman dan aman. Kelak jika sudah memiliki modal untuk beli head lamp baru, maka baut yang disimpan itu bisa dipasangkan kembali sebagaimana aslinya.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...