Kamis, 01 April 2010

Keluarga pun butuh resolusi tahun baru

Aryo Tofandi Brata
Awal tahun merupakan saat banyak orang berlomba membuat komitmen baru. Namun resolusi bukan untuk satu individu saja, tetapi juga penting bagi sebuah keluarga. Keharmonisan dan kelanggengan sebuah keluarga bisa di awali dengan perjanjian baru yang disepakati bersama.
    Bagi anak orangtua dapat membantu anak dalam membuat resolusi. Setiap usia perkembangan memiliki jenis resolusi tersendiri. Contohnya, anak usia prasekolah bisa membuat resolusi untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dan merapikan mainannya.
     Terpikirkah oleh anda untuk menjadi orang tua yang lebih baik? Ada beberapa resolusi yang dapat anda pertimbangkan untuk membimbing anak-anak dan memiliki hidup lebih �sehat� dan bahagia.
     Pertama, mulailah menjadi contoh yang baik bagi anak. Sebagian orangtua belum begitu menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sangat mempenngaruhi anak. Kedua, bersikap lebih disiplin terhadap anak. Pendisiplinan sangat diperlukan untuk mengajarkan anak bagaimana harus bersikap dan mengurangi kebiasaan buruk. Ketiga, belajar lebih memahami anak Anda. Pernahkah anda berfikir mengapa anak melakukan hal-hal tertentu? dan ingatlah jangan benyak berfokus pada sisi negative dan melupakan sisi positif anak.
     Untuk usia sekolah, berjanji bersikap baik pada teman, meminum susu dan air lebih banyak dari minuman ringan atau melakukan aktivitas yang menyehatkan. Sedangkan usia remaja, harus berhati-hati dalam memilih pacar, lebih mengendalikan emosi, dan belajar tepat membuat keputusan. Akhirnya, keluarga Andapun siap menapaki hari di tahun baru dengan semangat dan langkah tegap. (S/11/1)
Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...