Jumat, 19 Maret 2010

Banjir di Jakarta


Andea Paramita
 
Banjir merupakan bencana alam yang salah satu faktor yang menyebabkannya adalah perbuatan manusia. Akibat dari hujan yang terus-menerus, daerah yang berdataran rendah, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya juga termasuk hal-hal yang dapat menyebabkan datangnya banjir.
    Akibat dari banjir, maka yang menjadi korban adalah masyarakat itu sendiri. Walaupun diantara mereka sedikitnya ada yang menjaga kebersihan lingkungan, tetapi tetap saja akan menjadi korban banjir itu sendiri. Bila banjir datang, masyarakat sangat panik dan pasti akan meminta bantuan Pemerintah dengan disediakannya tempat pengungsian. Maka Pemerintahlah yang bertanggung jawab atas semuanya.
    Sampai saat ini, banjir sudah dianggap tradisi oleh masyarakat yang tinggal di dataran rendah seperti di Jakarta ini. Kurang lebih sebulan yang lalu ketika sedang musim hujan, banjir sering datang dan merendam di sejumlah daerah. Dari mulai daerah yang belum pernah terkena banjir, sampai daerah yang langganan terkena banjir.
    Dengan begitu, masyarakat dan Pemerintah harus saling bekerja sama dan mengambil tindakan dalam menanggulangi masalah banjir. Diantaranya, jangan membuang sampah di sungai atau bukan pada tempatnya, menanam seribu pohon, setiap orang menanam satu pohon untuk penghijauan agar bias menahan banjir. Serta Pemerintah harus menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) yang jauh dari pemukiman warga agar terhindar dari pencemaran lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Atasi Ban mobil berisik

Tips Atasi ban mobil berisik mbah subowo bin sukaris Kembangan ban mobil yang salah posisi bisa jadi sumber berisik dari kaki-kaki mobil.   ...